First generation
Also called | Colt Galant Dodge Colt Chrysler Valiant Galant |
---|---|
Production | 1969–73 |
Predecessor | Mitsubishi Colt 1100 |
Class | Compact |
Body style(s) | 2-door hardtop sedan 4-door sedan 5-door station wagon |
Layout | FR layout |
Engine(s) | 1.3 L 4G30 I4 1.4 L 4G33 I4 1.5 L 4G31 I4 1.6 L 4G32 I4 1.7 L 4G35 I4 |
Wheelbase | 2,420 mm (95.3 in) |
Length | 4,080 mm (160.6 in) |
Width | 1,560 mm (61.4 in) |
Height | 1,370 mm (53.9 in) |
Dari tahun 1970, model coupé Fastback dikembangkan, yang GTO Galant. Kuno setelah kontemporer mobil otot Amerika, GTO Hardtop telah tersedia dengan pilihan dua mesin "Saturnus" dan Astron 2-liter 80, dan tersedia sampai tahun 1975. papan nama ini cukup dihormati di Jepang untuk itu harus dibangkitkan untuk GTO 1990 Mitsubishi coupé.
A coupé, kedua lebih kompak diperkenalkan pada chassis disingkat dengan 12 cm pada tahun 1971, FTO Galant. Didukung oleh mesin 4G41 1.4 L, juga akan meninggalkan warisan bagi perusahaan untuk kembali ke pada 1990-an dengan FTO Mitsubishi.[Sunting] Selandia Baru
Meskipun Colt sebelumnya telah diimpor dalam jumlah terbatas, generasi ini, dalam bentuk coupe 16L saja, adalah model pertama untuk membangun merek Mitsubishi di Selandia Baru sejak tahun 1971 ketika baru ditunjuk distributor Todd Motors, yang juga diimpor dan dirakit Chrysler dan Hillman , mulai menjual sejumlah kecil mobil Jepang-berkumpul untuk melengkapi mainstream yang Hillman Avenger dan sedan Hunter. Ini adalah kebalikan dari apa Chrysler Australia melakukan tetapi Hunter adalah kegagalan di sana dan Avenger pernah diluncurkan.
coupe ini berkumpul di New Zealand dari 1972, pertama di pabrik Petone Todd, pada baris / Avenger Hunter dan, dari tahun 1975, di pabrik yang dibangun baru dalam Porirua (ditutup tahun 1998).
Second generation
Also called | Colt Galant Chrysler Valiant Galant Chrysler Galant Dodge/Plymouth Colt Plymouth Cricket |
---|---|
Production | 1973–1976 |
Class | Compact |
Body style(s) | 2-door coupe 4-door sedan 5-door station wagon |
Layout | FR layout |
Engine(s) | Astron I4 4G32 1.6 L I4 |
Wheelbase | 2,420 mm (95.3 in) |
Length | 4,204 mm (165.5 in) |
Width | 1,600 mm (63.0 in) |
Height | 1,397 mm (55.0 in) |
Curb weight | 940 kg (2,100 lb) |
Coupe, sekarang dengan mesin 1.850 cc kembali berkumpul di New Zealand oleh Todd Motors di Porirua. sedan itu tidak ditawarkan sebagai Todd berencana untuk merakit sedan Galant Sigma yang lebih besar dan jangkauan gerobak dari tahun 1977-an dan masih juga mengimpor Avenger Inggris dan model Hunter.
Galant model baru lebih montok, dipengaruhi oleh gaya kontemporer "coke-botol", dan menampilkan berbagai 'Astron' lebih besar mesin berkembang sampai dengan 125 PS untuk melengkapi unit yang 'Saturnus'. Selama generasi kedua, pertama Astron 80 mesin diperkenalkan di beberapa pasar menggunakan baru dikembangkan Mitsubishi "Silent Shaft" keseimbangan teknologi poros untuk mengurangi getaran dan kebisingan.
Third generation
Also called | Mitsubishi Galant Sigma Chrysler Sigma Mitsubishi Sigma Colt Sigma Dodge Colt |
---|---|
Production | 1976–80 |
Class | Compact |
Body style(s) | 2-door coupé (Lambda) 4-door sedan 5-door station wagon |
Layout | FR layout |
Engine(s) | 1.6 L 4-cylinder (Saturn) 1.85 L 4-cylinder 2.0 L 4-cylinder 2.6 L 4-cylinder |
Wheelbase | 2,515 mm (99.0 in)[4] |
Length | 4,330 mm (170.5 in)[4] |
Width | 1,655 mm (65.2 in)[4] |
Height | 1,355 mm (53.3 in)[4] |
A coupé baru (dua pintu) diperkenalkan pada tahun 1976 untuk menggantikan Galant GTO. Hal ini dikenal di Jepang sebagai Galant Λ (Lambda). coupe ini dijual di Amerika Serikat bewteen 1978 dan 1980 sebagai Challenger Dodge dan Plymouth Sapporo.
Mitsubishi memperkenalkan mesin MCA-Jet untuk Jepang dan pasar emisi-terlarang lainnya dengan Galant terbaru. Ini yang tergabung dalam "Jet Valve", katup intake sekunder yang ditingkatkan emisi tanpa mengharuskan perlunya kepala silinder sepenuhnya didesain ulang.
Todd Motors awalnya dirakit 1.6GL, 1.85GLX dan model sedan dua liter GLS untuk Selandia Baru, dengan GLS mendapatkan transmisi manual lima kecepatan sebagai standar dengan auto tiga-speed opsional. Ini adalah pertama NZ-berkumpul Mitsubishis memiliki penghilang kabut belakang layar sebagai standar. Awal mobil telah headliners batang ditangguhkan konvensional dikembangkan secara lokal untuk memenuhi aturan kandungan lokal tetapi ini terkenal runtuh ke kepala para penumpang dan dengan cepat digantikan oleh yang baru dikembangkan, dilem-in liners busa dibentuk. Rentang ini kemudian direvisi untuk menambah gerobak dan drop mesin 1,85 liter.
Generasi Galant ketiga adalah penerima Car of the Year di Afrika Selatan pada tahun 1977.[5]
Fourth generation
Also called | Mitsubishi Eterna Mitsubishi Sigma Lonsdale (car) |
---|---|
Production | 1980–87 |
Class | Compact |
Body style(s) | 2-door coupé (Lambda) 4-door sedan 5-door station wagon |
Layout | FR layout |
Transmission(s) | 5-speed manual 3-speed automatic |
Bagi generasi kedua berturut-turut Mitsubishi bisa mengklaim akan membangun sebuah mobil yang memenangkan penghargaan, karena ini terpilih sebagai Car of the Year di Selandia Baru pada tahun 1981. Mobil-mobil yang dijual ada lagi rakitan lokal dengan mesin 1.6 dan dua liter, dan pilihan transmisi dan trim. Seperti di tempat lain (lihat di bawah), versi gerobak terbawa gaya tubuh tua dengan hidung baru dan interior.
Dari tahun 1982 sampai 1983, beberapa Sigmas Australia, yang membawa-over 2.6-liter, mesin buatan lokal, diekspor ke Inggris dengan lencana Lonsdale, menghindari pembatasan kuota impor sukarela diadopsi oleh produsen Jepang. Namun mobil itu tidak berhasil, dan untuk tahun 1983 dan 1984 itu membawa Mitsubishi lencana Sigma di Inggris sebelum impor dihentikan.
Versi gerobak itu facelifted, meskipun dari belakang firewall kendaraan tetap sama. Produksi versi gerobak lanjutan di Australia sampai dengan tahun 1987 ketika digantikan oleh Magna baru.
Dua pintu coupé juga didesain ulang untuk tahun 1981 dan telah dijual melalui 1983. Generasi keempat dikenal sebagai Scorpion Mitsubishi di Australia, dan Challenger Dodge dan Plymouth Sapporo di Amerika Serikat.
Sedan generasi keempat dan coupé keduanya sedikit lebih besar dari mobil-mobil generasi ketiga. Tambahan penekanan diberikan kepada ergonomi, aerodinamika, dan keamanan. Bahu, ruang kaki, dan ruang kepala semua meningkat, dan bagasi sedikit diperbesar untuk kapasitas bagasi lebih. Interior dibuat tenang dengan karpet tambahan dan bahan peredam akustik dan sekat depan ketebalan ganda.
Fifth generation
Also called | Mitsubishi Eterna Mitsubishi Sigma Mitsubishi V3000 Mitsubishi Magna |
---|---|
Production | 1983–92 |
Class | Compact |
Body style(s) | 4-door sedan 4-door hardtop sedan |
Layout | FF layout |
Engine(s) | 1.6 L Saturn I4 1.8 L Sirius 4D65 I4 TD 2.0 L Astron I4 2.0 L Astron I4 turbo 6G72 3.0 L V6 |
Related | Mitsubishi Magna Mitsubishi V3000 |
Ekspor trim level sering mesin-spesifik, tergantung pada pasar: model GL tersebut ditawarkan dengan baik mesin 1.6L atau 1.8L, model GLS (GLX di beberapa pasar) memiliki mesin 2.0 liter (badged 2000 GLS) dan Diesel versi memiliki 1.8-liter Sirius mesin turbodiesel. Model diesel tidak memiliki tingkat trim, itu hanyalah TD 1800.
Tahun 1984 awal mobil dirakit oleh Todd Motors di Selandia Baru lagi dibangun dengan 1,6 dan mesin dua-liter, yang terakhir dengan opsi otomatis dan tiga trim level. Versi SE atas telah salmon berwarna jok velour dan berbagai gadget elektronik termasuk dashboard digital, kontrol iklim otomatis dengan AC pertama merek pabrik-fit, cruise control dan wiper intermittent-tergantung kecepatan. Ikan salmon / interior coklat diganti dengan merah tua sebagai perubahan berjalan sekitar tahun 1985.
Generasi ini diganti pada tahun 1988 oleh generasi Galant sixthe (lihat di bawah) dan dilengkapi oleh berbagai V3000 unik-untuk-NZ, dengan mesin V6 tiga-liter, yang tetap dalam produksi sampai dengan tahun 1992. Hal ini dikembangkan khusus untuk memberikan Mitsubishi New Zealand (yang dibeli Todd Motors pada tahun 1987) sebuah mobil keluarga enam silinder, cocok untuk penarik perahu dan caravan, untuk bersaing dengan Ford Falcon dan Holden Commodore dan tidak dijual di pasar lainnya.
Sixth generation
Also called | Mitsubishi Eterna Dodge 2000GTX (Canada) Eagle 2000GTX (Canada) ZX/MF/MS/MX (Venezuela) |
---|---|
Production | 1987–1992 |
Class | Compact |
Body style(s) | 4-door sedan 4-door hardtop sedan 5-door hatchback |
Layout | Front engine, front-wheel drive/four-wheel drive |
Engine(s) | 1.6 L 1.8 L DOHC 2.0 L 102 hp (76 kW) I4 2.0 L 135 hp (101 kW) I4 2.0 L 197 hp (147 kW) turbocharged I4 |
Transmission(s) | 4-speed automatic 5-speed manual |
Wheelbase | 2,600 mm (102.4 in) |
Length | 4,670 mm (183.9 in) |
Width | 1,695 mm (66.7 in) |
Height | 1,360 mm (53.5 in) |
Related | Eagle Talon Mitsubishi Galant VR-4 Mitsubishi Eclipse Plymouth Laser |
Pada tahun 1991, Mitsubishi Motors Perusahaan dilengkapi fasilitas perakitan baru di Barcelona, Venezuela dengan Galant menjadi salah satu model pertama yang diproduksi. Itu dijual sampai 1994 di bawah ZX, MF, MS dan nama MX, yang mengidentifikasi berbagai tingkatan peralatan dan transmisi.
Penunjukan Sigma menghilang dengan model 1990. Sebuah model Hardtop Liftback baru ditambahkan pada tahun 1988, disebut Mitsubishi Eterna. Generasi ini juga dijual di Kanada sebagai 2000GTX Dodge dan Eagle 2000GTX. Penjualan berakhir pada tahun 1992.
Edisi terbatas berdasarkan model GTi-16V diperkenalkan pada tahun 1989, dimodifikasi oleh AMG perusahaan tuning Jerman (sekarang dimiliki oleh Mercedes-Benz), dengan mesin ringan uprated (172 PS (127 kW, 170 hp)) dan unik bodykit, paduan roda & interior kulit.
Generasi keenam ini juga yang pertama untuk melihat pengenalan varian-4 VR, yang merupakan dasar untuk partisipasi Mitsubishi di Kejuaraan Dunia Rally 1988-1992. 4G63 The Galant dua liter DOHC turbocharged dan transmisi 4WD kemudian diadopsi untuk Mitsubishi Lancer Evolution dengan sedikit modifikasi, dan akan tetap di produksi selama lima belas tahun.
Seventh generation
Also called | Mitsubishi Emeraude Mitsubishi Eterna |
---|---|
Production | 1992–98 |
Class | Compact |
Body style(s) | 4-door sedan 4-door hardtop sedan (Emeraude) 5-door hatchback |
Layout | Front engine, front-wheel drive/four-wheel drive |
Engine(s) | 1.8 L I4 2.0 L I4 2.4 L I4 1.8 L V6 2.0 L V6 2.5 L V6 2.0 L V6 twin turbo |
Transmission(s) | 5-speed manual 4-speed automatic |
Wheelbase | 2,635 mm (103.7 in) |
Length | 4,625–4,640 mm (182.1–182.7 in) |
Width | 1,730 mm (68.1 in) |
Height | 1,395–1,400 mm (54.9–55.1 in) |
Curb weight | 1250 kg (2755 lbs)[8] |
Related | Mitsubishi Galant VR-4 Proton Perdana |
Karena Lancer Evolution sekarang homologated reli Mitsubishi mobil, VR generasi ketujuh-4 menjadi kendaraan kurang terang-terangan olahraga, menghindari mesin empat silinder lama dalam mendukung V6 twin turbo halus dua liter. Keempat roda transmisi drive dipertahankan.
Produksi di Amerika Serikat mulai pada tanggal 24 Mei 1993 ketika Galant generasi pertama ketujuh berguling dari jalur perakitan di Normal, Illinois. Pada tahun 1994, sebuah versi GS sedikit upgrade tersedia dengan mesin 160 hp (120 kW) cam kembar, kemudi kecepatan-sensitif, stabilizer bar belakang, dan transmisi manual yang tersedia.
Generasi ketujuh Galant, juga dikenal sebagai Mitsubishi Eterna, membentuk dasar dari Proton Perdana.
Eighth generation
Also called | Mitsubishi Legnum Mitsubishi Aspire Mitsubishi MX/MF Mitsubishi VRG Mitsubishi VRM(Hong Kong) |
---|---|
Production | 1996–2003 |
Class | Mid-size |
Body style(s) | 4-door sedan 5-door station wagon (Legnum) |
Layout | Front engine, front-wheel drive/four-wheel drive |
Engine(s) | 1.8 L 4G93 GDI I4 2.0 L 4G63 I4 2.0 L 4G94 I4 2.0 L 6A12 V6 2.4 L 4G64 I4 2.5 L 6A13 V6 2.5 L 6A13TT V6 twin turbo 3.0 L 6G72 V6 |
Transmission(s) | 4-speed automatic 5-speed manual 5-speed semi-automatic |
Wheelbase | 2,635 mm (103.7 in) |
Length | 4,660 mm (183.5 in) |
Width | 1,740 mm (68.5 in) |
Height | 1,410–1,420 mm (55.5–55.9 in) |
Curb weight | 1336 kg (2945 lbs)[9] |
Related | Mitsubishi Legnum Mitsubishi Galant VR-4 |
Model ini juga diproduksi di Barcelona, Venezuela, di pabrik Mitsubishi hanya di Amerika Latin. Pada awalnya, Galant dipasarkan di negara di bawah nama MX dan MF pada tahun 1997 dan 1998 (Featuring transmisi manual atau INVECS-II semi-otomatis masing-masing), kemudian menyimpan nama Galant sampai akhir produksi pada tahun 2006. Meskipun pilihan tetap telah terbatas, VR-4 paket penampilan yang ditawarkan di pasar itu.
Pasar Amerika Galant, diperkenalkan pada tanggal 7 Juli 1998, lulus ke US Environmental Protection Agency 's kelas menengah. Suspensi depan double-beralih dari wishbones untuk struts, meskipun belakang itu ditingkatkan dengan standar bar stabilizer pada semua tapi model DE dasar. ES, LS dan GTZ model tersebut ditawarkan dengan mesin 195 hp (145 kW) V6, yang 6G72 3.0 L, dikawinkan dengan auto standar konvensional 4-speed. Perbedaan lain dari model-model Asia dan Eropa adalah kurangnya ABS, yang hanya diinstal pada model 3.0 L.
Mitsubishi memilih untuk lebih mengembangkan teknologi dalam rentang-topping nya VR-4, yang sekarang didukung oleh kembar diperbesar V6 2,5 L turbo. Mobil ini menampilkan baik manual konvensional 5-speed atau transmisi INVECS-II. Beberapa model juga dilengkapi dengan kontrol yaw sama maju aktif (AYC) sebagai Lancer Evolution, untuk memberikan kelincahan yang lebih besar dari yang diharapkan seperti kendaraan yang besar. Akhirnya, sebagai dengan sisa jangkauan, VR-4 sekarang bisa memiliki baik sebagai sedan Galant atau sebagai station wagon Legnum.
Di beberapa pasar Asia Mitsubishi menawarkan versi 2.0 L MIVEC dari 6A12 naturally aspirated V6 mesin, badged sebagai "2.0a Galant". Output ditempatkan di 200 hp (150 kW) dan £ 147 · ft (199 N m) torque. Para 2,5 lebih besar L 6A13 lebih umum di seluruh dunia.
Pada tahun 1998 perusahaan memperkenalkan Aspire Mitsubishi. Eksternal identik dengan Galant biasa, nama model baru denoted injeksi bensin baru diperkenalkan langsung (GDI) mesin.
Ninth generation
Also called | Mitsubishi Grunder Mitsubishi 380 |
---|---|
Production | 2004–present |
Class | Mid-size |
Body style(s) | 4-door sedan |
Layout | FF layout |
Platform | Mitsubishi PS platform |
Engine(s) | 2.4 L 4G69 I4 3.8 L 6G75 V6 3.8 L 6G75 V6 MIVEC |
Transmission(s) | 4-speed automatic 4-speed semi-automatic 5-speed semi-automatic |
Wheelbase | 108.3 in (2,750 mm) |
Length | 190.4–191 in (4,840–4,900 mm) |
Width | 72.4 in (1,840 mm) |
Height | 57.9–58.2 in (1,470–1,480 mm) |
Curb weight | 1540 kg (3395 lbs) ES/LS[10][11] 1696 kg (3739 lbs) Ralliart[12] |
Related | Mitsubishi Eclipse Mitsubishi Endeavor Mitsubishi Galant VR-4 |
Designer | Olivier Boulay |
Peningkatan ukuran menghasilkan ruang interior sedikit lebih dan berat badan beberapa ratus pound. Mesin 4-silinder, sementara masih 2,4 liter pada perpindahan, upgrade dari desain 4G64 Mitsubishi 4G69 dengan desain baru, mengakibatkan peningkatan tenaga kuda 140-160. Demikian pula, melompat dari V6 3.0 liter dengan 190 hp (140 kW) ke 3,8 dengan 235. Semua Amerika Utara Galants diperoleh rem cakram 4 roda namun kehilangan stabilizer bar belakang mereka.
Sebuah versi Ralliart bergabung untuk tahun 2007, akhirnya meningkatkan tenaga kuda V6 untuk kelas 258-kompetitif (192 kW) sementara juga menambahkan suspensi lebih kencang, strut bar menara depan, stabilizer bar belakang, dan 18-inch (460 mm) roda alloy. Untuk tahun 2008, pemangkasan model kiri Ralliart sebagai model V6 saja, dan melompat Galant model tahun 2008 di Kanada, hanya untuk kembali pada tahun 2009 dengan model facelifted.
Mitsubishi juga merakit dan memasarkan versi modifikasi dari generasi-sembilan Galant di Taiwan [14]. Taiwan adalah salah satu daerah pertama di luar Amerika ke pasar kendaraan, ketika Galant Grunder (sekarang dikenal hanya sebagai Grunder) diluncurkan pada bulan Desember 2004 dengan front end yang unik. Selain itu, model ini juga dijual di Filipina sebagai 240M Galant menggunakan mesin 2.4 liter MIVEC. [15] Hal ini juga dijual di China. [16]
Sebuah versi lokal disebut 380 diproduksi di Australia untuk pasar Australia-Selandia Baru, menggantikan garis Magna berumur panjang.
Facelifts
Galant menerima kisi-kisi baru untuk model tahun 2007, dan untuk model tahun 2009, Galant menerima facelift lain, dengan depan baru dan fascias belakang. Meksiko tidak menerima 2009 Mitsubishi Galant, namun ada kekosongan sementara untuk model tahun 2010; untuk Amerika Utara, model tahun 2010 tersebut hanya dijual di Amerika Serikat dan Kanada.Sebuah Sport 4-silinder Edition ditambahkan untuk model tahun 2009. Olahraga Galant model termasuk paket baru nilai pabrik standar sebagai standar. Sportronic transmisi otomatis merupakan standar di semua model, dengan kecepatan 4-untuk mesin 4-silinder dan 5-speed untuk V-6 engine.
Empat silinder Galant model yang dijual di California, Maine, Massachusetts, New York dan Vermont disertifikasi sebagai Kendaraan Parsial Zero-Emisi (PZEV), dengan tertakar 155 hp (116 kW). [17]
Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors, menunjukkan bahwa generasi kesembilan dari Galant akan menjadi yang terakhir akan diproduksi di Amerika Utara, diganti pada lini produksi MMNA di Illinois oleh kendaraan kecil yang lebih mungkin untuk menarik pasar ekspor. [ 18]
Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Mitsubishi_Galant
No comments:
Post a Comment