Monday, October 11, 2010

Tugas 2 [GunaDarma]


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqKzKk6gMolmUSBnSy3EGxz4_X5hrJQNEE_SGHquOFKB8A1PaC4ZiCWgUMEDzkDSZhh_-1jijWapnLCSEEOhEwEl0nPZ-hUXkkDNsYvvFahhWcbjYjiGboUv7ePVkesqTD2EJN0Sv0s8bA/s1600-r/logo-gunadarma3.jpg

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
    jawab:
       1.       Kelangkaan (Scarcity)
Keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka (scare). Kelangkaan mencakup kuantitas, kualitas dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik. Tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.
       2.       Pilihan-pilihan (Choices)
Dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul. Terbatas sumber data yang tersedia dibandingkan kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menetukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.
       3.       Biaya kesempatan (Opportunity cost)
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh. Biaya ayang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akutansi (accounting cost).
2. Apa yang membedakan Perusahaan dan lembaga sosial? jelaskan?
Perusahaan : Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Lembaga sosial : Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa.

3. apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak Perusahaan?

§  Wilayahnya stategis. Dimaksudkan agar masyarakat dapat menemukannya dengan mudah, fasilitas lingkungan sekitar yang memungkinkan masyarakat akan datang ke perusahaan, seperti dipinggir jalan raya, atau di wilayah yang padat penduduk.
§  Dapat terjangkau oleh masyarakat. Maksudnya dari transportasi, dirikan perusahaan sebaiknya di tempat yang banyak di lewati oleh banyak kendaraan.
§  Aman dari bencana alam. Bencana seperti banjir, tanah longsor, dsb dapat menghambat kegiatan perusahaan. Hal ini memang sulit dihindarkan, namun sebaiknya diusahakan meminimalkan resiko tersebut.
§  Lingkungan ysng tepat. Jika perusahaan adalah perusahaan dagang, sebaiknya dirikan pada tempat dimana masyarakatnya membutuhkan, sebagai contoh perusahaan menjual mainan anak-anak, maka sebaiknya memilah lingkungan yang banyak anak-anaknya.

4. Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia asia


Lingkungan Eksternal Makro Adalah kekuatan politik dan hukum, kekuatan           ekonomi, kekuatan teknologi, kekuatan sosial, faktor demografi.
Lingkungan Eksaternal Mikro Adalah persaingan, yaitu: kekuatan tawar pemasok,   ancaman pendatang baru, kekuatan tawar pembeli, ancaman produk atau jasa pengganti
sumber: http://wikipedia.org.id

No comments:

Post a Comment